'
√ Perpustakan sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan
√ Perpustakan sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan
× Jangan menata ruang perpustakaan
sekolah secara terlalu formal dan kaku
yang membuat peserta didik enggan memasukinya
√ Perpustakaan sekolah harus
menyediakan beragam koleksi, baik buku maupun jenis lain (majalah, Koran,
CD/DVD, kaset,dll) sesuai dengan tingkat usia dan minat peserta didik serta
mudah dicari dan dimanfaatkan
× Jangan beranggapan bahwa
perpustakaan sekolah adalah semata-mata ‘gudang’
untuk menyimpan buku
√ Perpustakaan sekolah harus
menyediakan area membaca yang membuat
peserta didik mersa senang, santai dan betah menggunakannya
× Jangan membuat peraturan yang
melarang peserta didik untuk duduk-duduk santai atau tidur-tiduran saat membaca
√
Ruang perpustakaan sekolah harus memberi kemudahan, kenyamanan dan keamanan
bagi pengguna layanan perpustakaan maupun petugas pengelola perpustakaan
×
Jangan mengutamakan kemudahan bagi petugas perpustakaan tetapi mengabaikan kepentingan peserta didik
pengguna layanan perpustakaan
√
Ruang perpustakaan harus ditata secara kreatif dengan sedapat mungkin
memanfaatkan bahan-bahan dan peralatan yang ada
×
Jangan memnggunakan perabotan dan peralatan yang mahal di luar kemampuan
sekolah
√
Ruang perpustakaan sekolah harus menjadi milik bersama seluruh warga sekolah,
sehingga harus digunakan dan dipelihra bersama
×
Jangan beranggapan bahwa pengelola ruang dan koleksi perpustakaan adalah
tanggung jawab petugas perpustakaan saja
Paramita Atmodiwiryo(2012). Pedoman tata ruang perpustakaan sekolah. Jakarta : Bee Media
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar