Minggu, 27 Maret 2016

MENU OLAHAN WORTEL SEBAGAI ALTERNATIF DIET RENDAH KALORI BAGI PENDERITA OBESITAS

                                                       PENDAHULUAN


Obesitas adalah  kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya.


Obesitas atau kegemukan merupakan suatu keadaan fisiologis dimana lemak disimpan secara berlebihan didalam jaringan tubuh. Seseorang dikatakan mengalami obesitas bila berat badan melebihi 10% dari berat badan ideal. Obesitas adalah merupakan permasalahan sejak zaman dahulu kala. Keadaan ini adalah merupakan salah satu kelainan metabolisme yang paling lama tercatat dalam suatu sejarah seperti terlihat pada sebuah patung tanah liat yang berasal dari zaman lebih kurang 22.000 SM. Patung tersebut menggambarkan seorang wanita setengah baya yang obesitas. Obesitas kemudian masih selalu tercatat sepanjang sejarah, sejak zaman Mesir dan Yunani purba, bahkan sampai sekarangpun tetap menjadi persoalan, terutama dalam hal pengobatannya.


Obesitas menimbulkan berbagai dampak, baik dari segi psikososial maupun masalah medis. Orang yang obesitas mempunyai banyak kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik sehari-hari dan orang yang obesitas pun mengeluarkan biaya sehari-hari untuk pakaian dan makanan yang lebih besar dan dapat pula mempunyai masalah dalam hubungan suami istri dan pada anak kecil sering ditemukan persoalan identifikasi diri. Dari sudut medis penderita lebih sering sakit. Penderita obesitas pun mempunyai angka harapan hidup yang lebih rendah dari populasi berat badan normal. Data New York Metropolitan life Insurance menunjukkan bahwa pada kelompok umur 40-69 tahun yang obesitas ditemukan angka kematian 42% lebih besar daripada rata-rata pada laki-laki dan 36% lebih besar daripada rata-rata pada wanita. Bagi penderita obesitas sendiri dapat pula timbul rasa rendah diri, rasa tertekan, serta keputusasaan dan menimbulkan keinginan yang besar untuk menjadi lebih ramping, yang terlihat dengan keinginan untuk menjalani berbagai macam program diet.
Masalah kesehatan yang diperburuk oleh kelebihan lemak juga tergantung dari distribusi frekuensi yang tersebar dalam tubuh. Ada dua tipe kegemukan berdasarkan distribusinya dalam tubuh:


1, Tipe Adroid (tipe buah apel)
Penumpukan lemak berlebihan di bagian tubuh sbelah atas yaitu, di sekitar dada, pundak,  leher, dan muka. Umumnya tipe ini terjadi pada wanita dan pria yang sudah mengalami monopause. Menurut Vogue seorang peneliti dari perancis mengatakan bahwa tipe android potensial dan beresiko tinggi menderita penyakkit dari peranci, yang yang mengekemukakan bahwa tipe android ini potensial dan bveresiko lebih  tinggi menerita penyakit yang berhubungan dengan metabolismelemak dan glukosa seperti penyakit Diabetes Mellitus, jantung koroner stroke, pendarahan otak, tekanan darah tinggidan kemungkinan terserang kanker payudara 6 kali lebih besar dibandingkan dengan mempunyai berat badan normal. Akan tetapi pada tipe ini untuk penurunan berat badanya lebih mudah dibandingkan dengan tipe genoid asalkan dibarengi dengan diet dan olahraga yang tepat.


2. Tipe Ginoid (tipe buah pear)
Pada tipe ini lamak tertimbun dibagian tubuh sebelah bawah yaitu disekitar perut, pinggul, paha, pantat, dan lemak tidak jenuh,sel lemak kecil dan lembek. Tepe ginoid lebih aman bila dibandingkan dengan tipe android, karena lebih kecil kemungkinan mengalami resiko penmyakit tetapi untuk penurunan berat badannya lebih sukar.


Wortel
Wortel merupakan sayuran yang tumbuh didalam tanah berwarna merah. Sayur yang satu ini kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan mata. Wortel atau lobak merah merupakan salah satu sayur yang bisa dibuat dengan bervariasi menu sebagai hidangan sehari-hari, yang bagus untuk dikonsumsi sebagai kesehatan. Wortel selain sebagai vitamin untuk kesehatan mata, sayur ini juga berperan sebagai pendukung diet.Wortel merupakan sayuran yang terkenal bermanfaat untuk penglihatan. Tapi ternyata wortel juga memiliki kemampuan menahan lapar sehingga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Wortel merupakan sejenis sayuran akar yang terbenam di dalam tanah, sementara daunnya menjulang ke atas permukaan tanah. Kandungan wortel yang terdiri atas sebagian besar zat yang bernama beta karoten, yang membuat wortel berwarna jingga terang yang indah dan menawan. Zat tersebut dikenal akan menjadi vitamin A setelah dicerna oleh tubuh. Selain beta karoten, kandungan wortel lainnya adalah banyak mengandung serat, zat antioksidan, vitamin (C dan B kompleks), serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan sodium.


Masyarakat pada umunya hanya mengenal wortel sebagai bahan makanan yang bernutrisi dan baik untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatannya. Tapi setelah diteliti, ternyata wortel juga dapat dijadikan bahan makanan yang baik untuk mereka yang sedang dalam proses program diet. Wortel ini bisa digunakan untuk menahan lapar saat sedang dalam kondisi berdiet, tapi tetap dapat memberikan kontribusi yang baik bagi tubuh.


Wortel diketahui mengandung tinggi serat, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Dalam secangkir wortel mentah cincang mengandung 50 kalori, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan tidak ada lemak atau kolesterol. Kondisi ini membuat wortel menjadi makanan dengan kadar kalori rendah tapi tinggi serat dan banyak mengandung air sehingga baik untuk menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Mayoclinic.


Kandungan air dan serat yang tinggi juga membantu membuat seseorang merasa kenyang sehingga dapat menahan lapar lebih lama, dan membatasi orang untuk mengemil. Selain itu wortel memiliki komponen yang bermanfaat dalam. Meskipun wortel bukan penyebab utama turunnya berat badan, tapi sayuran ini bisa memainkan peran dalam mendukung keberhasilan penurunan berat badan. Hal ini karena dengan makan wortel secara konsisten maka seseorang akan mengonsumsi kalori yang lebih sedikit daripada yang dibakar.


Selain itu peneliti di St Andrews and University of Bristol menunjukkan bahwa wanita dan pria yang rajin makan sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuat seperti wortel dan pulm, bisa memiliki kulit kuning bercahaya yang dianggap sangat menarik dan sehat. Dan kandungan asam retinoat yang merupakan turunan dari vitamin A tidak hanya bermanfaat bagi mata tapi juga berkhasiat sebagai antikanker. Pada sel-sel kanker senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan dan penyebarannya di jaringan payudara.
Manfaat Wortel


Manfaat wortel yaitu berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, anti kanker, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghaluskan kulit.Zat-zat yang terdapat dalam wortel bermanfaat bagi sistem reproduksi, dalam hal ini untuk mengatasi kemandulan dn menyuburkan sistem reproduksi. Kandungan karoten wortel juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah, kekurangan vitmin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai avitaminosis A dapat menyebabkan rabun senja.


Di dalam wortel terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Minum jus wortel juga dapat mengatasi ganggun kulit, seperti jerawat, bengkak bernanah, ataupun kulit kering.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar