Minggu, 03 April 2016

Cara menata ruang perpustakaan sekolah

'

Perpustakan sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan
× Jangan menata ruang perpustakaan sekolah secara terlalu formal  dan kaku yang membuat peserta didik enggan memasukinya
√ Perpustakaan sekolah harus menyediakan beragam koleksi, baik buku maupun jenis lain (majalah, Koran, CD/DVD, kaset,dll) sesuai dengan tingkat usia dan minat peserta didik serta mudah dicari dan dimanfaatkan
× Jangan beranggapan bahwa perpustakaan sekolah adalah semata-mata ‘gudang’ untuk menyimpan buku
√ Perpustakaan sekolah harus menyediakan area membaca  yang membuat peserta didik mersa senang, santai dan betah menggunakannya
× Jangan membuat peraturan yang melarang peserta didik untuk duduk-duduk santai atau tidur-tiduran saat membaca
Ruang perpustakaan sekolah harus memberi kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi pengguna layanan perpustakaan maupun petugas pengelola perpustakaan
× Jangan mengutamakan kemudahan bagi petugas perpustakaan tetapi  mengabaikan kepentingan peserta didik pengguna layanan perpustakaan
Ruang perpustakaan harus ditata secara kreatif dengan sedapat mungkin memanfaatkan bahan-bahan dan peralatan yang ada
× Jangan memnggunakan perabotan dan peralatan yang mahal di luar kemampuan sekolah
Ruang perpustakaan sekolah harus menjadi milik bersama seluruh warga sekolah, sehingga harus digunakan dan dipelihra bersama
× Jangan beranggapan bahwa pengelola ruang dan koleksi perpustakaan adalah tanggung jawab petugas perpustakaan saja

Paramita Atmodiwiryo(2012). Pedoman tata ruang perpustakaan sekolah. Jakarta : Bee Media Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar