Selasa, 19 April 2016

'Tahukah kamu???? Apakah bakteri Stphylococcus aureus?



Tahukah kamu????

Apakah bakteri Stphylococcus aureus?
Bakteri ini dapat ditemukan pada kulit dan di dalam lubang hidung manusia yang sehat. Bakteri ini dapat menimbulkan beberapa penyakit, contohnya gatal-gatal pada kulit dengan bintil-bintil berisi nanah, infeksi karena luka bakar, infeksi karena luka tembak, dan peradangan pada jari atau ibu jari kaki dekat kuku.

Apakah obat aspirin ?
Aspirin adalah sebuah obat yang dibuat pertama kali pada tahun 1897 oleh seorang dokter Jerman bernama Felix Hoffmann, yang melakukan penelitian untuk menemukan obat pengurang rasa sakit rematik. Nama ilmiahnya adalah asam acetyl-salicylic. Sekarang aspirin merupan salah satu obat yang paling banyak digunakan karena kemampuannya dalam mengatasi sakit dan peradangan.

Apakah fungsi lain dari sinar-X?
Selain digunakan dalam biang kedokteran, sinar-X juga digunakan dalam alat pendeteksi barang yang terdapat di bandara. Dengan bantuan sinar-X, barang-barang yang dibawa oleh penumpang dapat diketahui demi keamanan dan keselamatan penumpang. Membawa senjata tajam atau bahan yang dapat meledak, sangat dilarang dalam penerbangan!

Mengapa jagung dianggap penting pada masa lalu?
Menurut para arkeologi pada sekitar tahun 7000 SM, penduduk asli di selatan Meksiko mulai menanam beberapa tanaman seperti sejenis ketela (sguash), buncis, dan jagung. Pada tahun 2000 SM, jagung merupakan tanaman yang penting sebagai bahan pokok. Mereka menanam jagung dalam sebuah wadah bernama metates yang berbentuk cekungan dari batu, selain itu mereka memenuhi pola diet dengan memakan ikan dan permainan kecil. Pada peradaban Aztec di Meksiko, jagung ianggap sebagai pemberian Dewa Quetzalcoatl sebagai tanda lahirnya peradaban mereka di dunia.

Bagaimana cara kerja roda air zaman Roma?
Roda air ditemukan pada zaman Roma. Roda ini menyediakan cara untuk mengairi secara terus-meterus dengan mengangkat air dari sumbernya ke tempat terusan air. Roda air ini terdiri dari serangkaian wadah yang ada di sekeliling rodayang dicelupkan sebagaian ke dalam air mengalir, ketika air mengalir, air mendorong roda tersebut berputar. Wadah-wadah tersebut ikut berputar samba terisi air pada aat berada di dalam air dan ketika diputar posisinya akan terbalik, sehingga airnya akan tumpah kedalam terusan air yang mengalir keladang.


Sumber                                : Wododo,dkk, Enseklopedia Anak: sejarah penemuan popular.Ricrdo: Jakarta .

                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar